tanda-tanda-hamil
7 Tanda Tanda Hamil
  • Post category:Kehamilan
  • Reading time:6 mins read
tanda-tanda-hamil

Tanda tanda hamil pada setiap orang berbeda. Tidak setiap orang menyadari bahwa dirinya sedang hamil. Bila Mama bertanya-tanya mengenai tanda tanda hamil yang Mama alami, Mama dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan.

Lalu, apa sajakah tanda tanda hamil? Simak 7 tanda tanda hamil berikut ini:

1. Tanda hamil terlambat menstruasi

Menstruasi yang terlambat merupakan tanda tanda hamil yang paling umum, apalagi bila jadwal menstruasi Mama selalu teratur.

Bisa juga darah menstruasi Mama hanya sedikit, berupa bercak darah saja, dan berlangsung beberapa hari. Mama mengalami pendarahan implantasi yaitu keluarnya bercak darah pada awal kehamilan, yaitu proses menempelnya embrio pada dinding rahim.

Bagaimana membedakan darah implantasi dengan darah menstruasi? Pendarahan implantasi berwarna merah muda, lalu berubah jadi kecoklatan. Sedangkan darah menstruasi berwarna merah terang atau merah gelap.

Pendarahan implantasi berupa sedikit bercak saja, terjadi sekitar 10 – 14 hari setelah pembuahan berhasil. Dapat juga terjadi bertepatan pada saat jadwal menstruasi seharusnya.

2. Merasa tidak enak badan

Salah satu tanda hamil sebelum telat haid adalah perasaan tidak enak badan atau merasa kurang fit. Perasaan tidak enak badan antara lain merasa mual atau ingin muntah di pagi hari atau sepanjang hari atau malam.  Gejala ini biasanya terjadi pada minggu ke 4 atau 6 kehamilan.

Apabila mama merasa sangat tidak nyaman, sebaiknya berkonsultasi pada dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

Muntah dan rasa mual yang berlebihan merupakan gejala hyperemesis gravidirum, suatu kondisi kehamilan yang membutuhkan perawatan lebih lanjut.

3. Tanda hamil merasa letih lelah

Tanda kehamilan awal lainnya adalah merasa letih lelah. Merasa lelah dan kepayahan selama awal kehamilan, khususnya pada 12 minggu pertama wajar dialami ibu hamil. Perubahan hormon pada tubuh membuat Mama merasa sangat lelah, merasa sakit, gampang emosi dan mudah marah. Peningkatan hormon progesteron pada tubuh memicu rasa lelah Mama.

Tubuh ibu hamil memproduksi banyak darah untuk menyuplai nutrisi bagi janin. Sering kali peningkatan produksi darah seiring dengan gula darah yang meningkat serta tekanan darah yang menurun, yang pada akhirnya menyebabkan Mama merasa lemas.

4. Payudara sakit

Payudara Mama semakin membesar dan lembut, sama seperti menjelang menstruasi. Bisa juga payudara sakit dan terasa gatal.   Pembuluh darah payudara mungkin lebih terlihat. Puting payudara juga berwarna lebih gelap dan lebih menonjol. NICHD menyebutkan payudara yang berasa penuh dan semakin berat merupakan salah satu tanda hamil.

Agar lebih nyaman, Mama dapat mengganti bra dengan ukuran yang lebih besar.

5. Tanda hamil sering buang air kecil

Frekuensi buang air kecil yang semakin sering dapat menandakan tanda kehamilan. Perasaan ingin buang air kecil lebih sering dari biasanya, termasuk di malam hari.

Rasa ingin buang air kecil lebih sering adalah hal yang normal, penyebabnya kerena rahim yang mulai membesar dan menekan kandung kemih. Perubahan hormon selama kehamilan menyebabkan peningkatan aliran darah dan cairan tubuh. Sehingga ginjal bekerja semakin keras untuk mengeluarkan zat sis dari tubuh. Ini jugalah yang menyebabkan frekuensi buang air kecil saat hamil semakin meningkat. 

Untuk mengatasinya sebaiknya Mama buang air kecil dengan tuntas dan tidak menahan pipis. Hindari minuman diuretik seperti seperti teh hitam maupun teh hijau. Kandungan kafein pada teh bersifat diuretik dan merangsang buang air kecil.

Teh bunga sepatu, teh mint dan teh serai, kopi, teh jahe dan cuka sari apel juga bersifat diuretik, sedapat mungkin Mama hindari pada saat hamil.

6. Rasa aneh di mulut

Ibu hamil merasakan rasa aneh di mulut merupakan tanda hamil lainnya. Rasa logam di mulut merupakan penyimpangan sensasi rasa. Munculnya rasa logam di mulut karena adanya peningkatan kadar hormon estrogen dan progesterone dalam tubuh ibu hamil. Perubahan rasa tersebut merupakan hal yang wajar dialami ibu hamil, Mama tidak perlu khawatir karena tidak berbahaya dan biasanya akan hilang sendiri.

Mama dapat makan buah atau minum jus buahan yang sama seperti jeruk atau lemon untuk mengatasi rasa logam tersebut. Makan camilan asin seperti keripik dan biskuit juga sangat membantu. Berkumur dengan air hangat dengan sedikit garam, mengunyah permen karet serta menjaga kebersihan gigi dan mulut secara rutin juga bisa membantu mengatasi rasa logam pada mulut.  Jangan lupa, Mama juga minum air putih sedikitnya 8-12 gelas air putih setiap hari.

7. Ngidam

Menginginkan makanan tertentu merupakan tanda hamil setelah haid terakhir. Tiba-tiba saja Mama sangat menginginkan makanan tertentu. Bahkan bisa saja Mama tidak lagi menyukai beberapa makanan atau minuman yang biasanya Mama sukai.

Penyebab ngidam pada ibu hamil adalah perubahan hormon yang memengaruhi reseptor lidah sehingga muncul keinginan memakan makanan tertentu.

Untuk tanda pasti hamil, Mama dapat segera melakukan tes kehamilan dengan test pack atau berkonsultasi pada dokter.

 Bagi Mama yang sedang merencanakan kehamilan perlu mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan intim. Berhubungan intim di masa subur memperbesar peluang untuk hamil. Mama dapat menggunakan kalkulator kesuburan untuk menghitung masa subur.

Meiwani

Content Writer, menyukai digital marketing dan blogging. Seorang pembelajar, suka membaca, dan mengembangkan diri. Memilih untuk terbuka dengan ide-ide baru dan berbagi ide gagasan untuk hidup yang lebih bermakna.